Selasa, 14 Agustus 2012

Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Hai semua, hari ini saya mau share artikel yg cukup bagus :) 

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, kita pasti sudah terpikirkan soal dana pendidikan anak. Meski sang anak masih kecil, banyak di antara kita yang sudah memikirkan biaya S1 nya.

Ada beberapa hal yang yang perlu kita ketahui untuk menyiapkan dana pendidikan buah hati tercinta.
Yang pertama adalah jangka waktu.

Saya langsung ambil contoh ya agar mudah, ada seorang ibu bernama Ceri dengan anak bernama Syauqi usia 9 bulan. Ceri mau menyiapkan dana Play Group (PG) untuk Syauqi. Rencananya Syauqi masuk PG umur 3 tahun. Berarti ada 2 tahun waktu bagi Ceri untuk menabung atau investasi dana PG ini.

Yang perlu diingat, bayaran anak sekarang biasanya lebih cepat 6 bulan. Sehingga untuk Syauqi, Ceri hanya punya waktu sekitar 1,5 tahun untuk menyiapkan dana PG. Waktu 1,5 tahun inilah yang disebut sebagai jangka waktu.

Yang kedua adalah nominal. Ceri harus sudah mulai bertanya berapa sih harga PG yang mau Syauqi masuki nanti. Misalnya tahun 2012 ini uang masuknya 1 juta. Ceri harus perkirakan uang masuk di tahun 2014 dengan inflasi pendidikan yang 20% per tahun.

Lalu banyak sekali orang tua yang bertanya mengenai Asuransi Pendidikan. Bagaimana dengan hal tersebut?

Hakikat asuransi adalah proteksi. Pendidikan sebaiknya masuk ke bagian investasi, bukan proteksi, karena akan tidak optimal. Jika ingin tetap memiliki, silakan saja. Tapi pastikan bahwa dengan asuransi pendidikan ini, kita tetap bisa memenuhi pendidikan si kecil.

"Produk keuangan seharusnya memfasilitasi kebutuhan keuangan kita dan bukan sebaliknya. Makanya, penting buat kita untuk paham soal kebutuhan kita sendiri." - Ligwina Hananto.


Sebagai gambaran, berikut ini tabelnya:

 
Sumber: "Untuk Indonesia Yang Kuat" oleh Ligwina Hanato         


Jadi para bunda dan calon bunda, yuk mari siapkan dana pendidikan dengan angka yang pasti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar